Selasa, 02 Agustus 2011

Contoh teks moderator kajian

DIALOG INTERAKTIF SUBUH
MASJID AN-NUUR JEMBER



Assalamu’alaikum Wr. Wb.


InnalhamdaliLlah, nahmaduHu wa nastaghfiruHu, wa na’udzubiLlahi min syururi anfusina, wa min sayyi-ati a’malina. Man yahdihiLlahu fala mudhiLlalahu, wa man yudhlil fa la hadiyalahu. Asyhadu allaa ilaaha illaLlahu wahdaHu laa syarikalaHu, wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduHu wa rasuluHu –shallallahu ‘alayhi wa sallam -(1).

  1. Puji syukur kita panjatkan atas kehadirat Allah SWT. Karena atas limpahan rahmat-Nya-lah pada pagi hari ini kita dapat berkumpul di tempat yang mulia ini untuk menimba Ilmu dan mendekatkan diri kepada-Nya.
  1. Shalawat beriring salam semoga senantiasa terlimpahkan kepada Nabiullah Muhammad SAW. Rosul yang membawa risalah Al-Islam yang akan selalu kita nanti syafaatnya di yaumul akhir kelak.
Jama’ah subuh yang dirahmati Allah
mulai dengan kalimat persuasi pembuka supaya jamaah tertarik, contoh (kajian Tafsir Al Qur'an)

" Merupakan sebuah kewajiban bagi umat muslim untuk selalu mengkaji isi Al-Qur’an. Barangkali para jamaah sudah sering mendengar sebuah hadist yang berbunyi "Orang yg paling baik diantara kalian adalah yg mempelajari Al-Qur'an dan mengajarkannya". 
Nah… pada pagi hari ini, kita punya kesempatan belajar Al-Qur’an bersama Pak Ust. Heriyudi yang akan mengajak kita mempelajari Tafsir Al-Qur’an bil Quran dan bil Hadist. Yaitu metode yang paling dianjurkan dalam mempelajari Al-Qur’an dengan menggunakan ayat-ayat Qur’an dan juga menggunakan hadist-hadist shahih".

 

  1. Seperti biasa, Kajian dialog interaktif subuh ini dibagi dalam 2 sesi, yaitu 15-20 menit untuk sesi pemaparan materi oleh pemateri dan sesi Tanya jawab dari para jamaah yang akan kami buka hingga jam 05.30 nanti.
a)  Untuk membuka kajian ini marilah kita awali dengan membaca bismillah bersama-sama.

b) Selanjutnya kami persilahkan kepada Bpk. Ust. ……….. untuk menyajikan paparan materi.

c)  Itu tadi paparan materi dari Ust. …………… selanjutnya kami buka kesempatan bagi para jamaah yang ingin bertanya,

d)   Tidak terasa waktu telah menunjukkan jam 05.30, berarti tuntas sudah kebersamaan kita dalam kajian ……………. Ini. Dan jangan lupa besok kajian dialog interaktif subuh akan disi oleh Ust. …………… dengan tema materi ………………

e)  Untuk menutup kebersamaan kita kali ini, marilah kita akhiri kajian ini dengan bacaan Alhamdulillah bersama-sama. Terima kasih atas segala perhatiannya, mohon maaf atas segala kekurangannya.


Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Kunjungi Blog Berikut

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More